Tips Terbaru Android Persiapan Sebelum Memasang Custom ROM

Tips Terbaru Android Persiapan Sebelum Memasang Custom ROM - Tuttor kali ini tentang ROOM Android. Telah kita ketahui bersama bahwa Android sangat cupu jika belum melakukan ROOT. Setelah tahap Root maka kalian bisa melakukan tahap  oprek berikutnya yakni memasang custom ROM. Bagi yang sudah memiliki akses root dan instal recovery (CWM) Kalian bisa bebas gonta ganti custom ROM sesuka kita sehingga kita diberi kebebasan mengutak-atik kinerja sistem android dan hal-hal lain yang tidak bisa kita dapatkan dalam ROM android bawaan pabrik atau vendor yang biasa disebut Stock ROM.


gambar custom rom android.jpg


PENGERTIAN CUSTOM ROM :
ROM atau Read Only Memory adalah tempat penyimpanan data (dalam bahasan ini file sistem) yang berbentuk Chip-IC. Jadi secara umum baik Stock ROM maupun Custom ROM bisa diartikan  sebuah file sistem yang berbentuk software-firmware yang letaknya di IC ROM perangkat (analogi fungsinya seperti IC BIOS pada Komputer maupun handphone-mengatur semua peripheral pada mainboard dengan menggunakan Kernel sebagai akses utama ) yang kemudian dimodifikasi sedemikian rupa agar lebih bisa apa saja sesuai keinginan, tentunya tetap berbasis versi firmware asli/Stock ROM dari perangkat keluaran pabrik atau vendor tersebut. Secara teknis file sistem dalam Stock ROM perangkat diambil-download oleh Custom Developer dari pihak ketiga untuk dimodifikasi mereka sesuai keinginan, selanjutnya ditanamkan lagi keperangkat tersebut atau keperangkat lain yang support melalui metode flashing.



1. Pertama - tama Perhatikan apakah ROM tersebut  cocok dan sesuai dengan tipe hp kita.
Pilih Custom ROM Yang benar - benar support dengan HP Sobat, karena kalau tidak support bisa MATOT. Jadi perhatikan dengan benar step ini.

2. Perhatikan BUGS
Jangan asal melakukan flash ROM begitu saja. Ada berbagai macam bugs di custom rom seperti suara yang tidak keluar, wifi tidak bekerja, camera/camcorder tidak bekerja, gps tidak berjalan dengan baik,


3. Pastikan Terlebih dahulu  baterai ponsel sobat penuh, sebelum eksekusi. 
4. Backup ROM penuh
Di CWM (ClockWordMod) ada sebuah fitur dimana kita dapat backup rom penuh yang bisa langsung di restore ke kondisi semula jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti bootloop atau mungkin kalian tidak puas dengan ROM tersebut.

5. Backup data sobat terlebih dahulu.
Backup Aplikasi + Data: Titanium Backup
Backup Pesan SMS : SMS Backup & Restore
Backup Kontak : Sinkronisasi
Backup Call Logs : Call Logs backup & restore
Backup APN : APN Settings Backup & Restore
Backup SD Card : Dengan Card Reader (Optional)

6. Wipe data
Ketika masuk ke recovery, jangan lupa untuk wipe dalvich-nya dari recovery atau lakukan terlebih dahulu wipe data/cache partiton/ factory reset, perlu dilakukan dua kali agar benar- benar bersih dan ke depannya tidak terjadi bootloop

Nah, itulah Tips Terbaru Android Persiapan Sebelum Memasang Custom ROM, berhati - hatilah sebelum mengganti CUSTOM ROM ANDROID, Karena Android kita adalah barang yang sensitif. 
 

Silahkan Tinggalkan Komentar MasBro dan MbkBrow disini. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Search This Blog

credit